Rabu, 19 Agustus 2015

SAATNYA BERALIH KE IKAN


Langkanya pasokan daging di pasaran tak perlu membuat anda sebagai konsumen pusing. Banyak alternative protein hewani yang bahkan lebih tinggi kandungan proteinnya. Ikan mengandung Omega 3 hampir 4 kali lipat dalam kandungan daging sapi.
Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), untuk 100 gram ikan segar  mengandung 210 Mg jauh melampaui daging sapi yang hanya 22 Mg/100 gram. Ikan juga mengandung Vitamin D dan B2 (riboflavin), Kalsium, Fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.
Kandungan asam lemak Omega 3 pada ikan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung lho. Menurut sebuah penelitian, suku  bangsa  Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland memiliki kecederungan dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Hal serupa juga terjadi di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang menderita  penyakit  jan­tung koroner. Kenapa hal ini bisa terjadi? Rahasianya sekali lagi pada konsumsi ikan. Dalam sehari, orang Eskimo mengkonsumsi ikan sekitar 300­-400 gram dan orang Jepang biasa mengkonsumsi 100-200 gram ikan setiap harinya.
Omega 3 ternyata juga berguna untuk mencegah penuaan dini. Bagi anda yang sedang diet, ikan menjadi pilihan terbaik karena kandungan kolesterolnya yang rendah. Sedangkan Vitamin D dan B2 sangat penting untuk kesehatan tulang dan kulit.

Nah..banyak kan manfaat ikan. Berikut salah satu alternatif olahan ikan yang patut dicoba. Resep ini tentunya sudah pernah saya coba dan pernah ikut lomba kudapan berbahan dasar ikan. Alhamdulillah juara III berhasil diraih. Sangat cocok untuk memenuhi asupan gizi buah hati anda.

NUGGET LELE UNTUK SI BUAH HATI

BAHAN
·         Lele ½ kg, diambil dagingnya
·         Wortel 1 buah, dipotong dadu kecil-kecil Roti tawar 4 lembar, ambil putihnya saja, sobek kecil
·          Tepung maizena, 3 sendok makan
·         Minyak goreng
·         Telur 1 butir
·         Tepung panir
·         Daun bawang, iris kecil-kecil
·         Daun pisang, dibersihkan

BUMBU HALUS
·         Bawang putih 3 siung
·         Merica secukupnya
·         Garam secukupnya
·         Miri 3 butir

HIASAN
·         Brokoli dikukus
·         Wortel
·         Tomat
·         Jagung manis direbus
·         Saos/mayonnaise


CARA MEMBUAT
1.       Haluskan bawang putih, merica, garam, dan miri.
2.       Daging lele, wortel, roti tawar  diblender sampai halus, kemudian masukkan bumbu halus. Tuangkan di mangkok kecil dan tambahkan tepung maizena dan irisan daun bawang. Aduk hingga merata.
3.       Bungkus adonan nugget dengan daun pisang. Bentuk seperti lontong.
4.       Kukus adonan tersebut selama 20 menit hingga matang.
5.       Diamkan hingga dingin.
6.       Siapkan telur yang dikocok halus dan tepung panir.
7.       Potong adonan nugget menurut selera.
8.       Celupkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian gulingkan ke tepung panir, ulangi sampai habis.
9.       Goreng potongan nugget kedalam minyak yang sudah panas. goreng dengan api kecil hingga berwarna kuning keemasan.
10.    Nugget lele siap disajikan.


SUMBER:
http://finance.detik.com/read/2015/08/11/074629/2988388/4/ikan-lebih-unggul-dari-daging-sapi-menteri-susi-proteinnya-tinggi
http://manfaat.co.id/16-manfaat-ikan-bagi-kesehatan-manusia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BOOK REVIEW: PULANG

sumber: goodreads JUDUL                   : PULANG PENULIS               : TERE LIYE KATEGORI           : FIKSI PENERBIT ...